Waspadai akses HP Andorid Anda

Setiap kali anda memasang aplikasi baru di Android, sebenarnya anda memberikan izin aplikasi tersebut untuk mengakses beberapa informasi smartphone anda. Hal tersebut dinamakan Permissions dan biasanya, anda tidak tahu kapan anda memberikan izin tersebut. Jika hal tersebut terdengar mengerikan, maka anda harus paham apa itu permissions dan kenapa anda harus berhati-hati.

Permissions adalah sebuah hak akses yang ada pada aplikasi agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari smartphone anda. Seperti yang anda ketahui, Android yang anda miliki memiliki informasi personal, seperti lokasi anda saat ini, kontak, dan bahkan foto-foto pribadi anda

Agar aplikasi dapat berjalan dan memberikan manfaat lebihnya, biasanya ia membutuhkan beberapa informasi dari smartphone anda. Contohnya pada aplikasi Facebook yang anda miliki saat ini, mengakses dan mengambil banyak sekali informasi dari smartphone anda, seperti kontak, lokasi HP, sms, foto, media files, camera dan microphone.
.

sinergiASA waspada gadgetJika anda penasaran dengan permissions di setiap aplikasi yang anda miliki, anda bisa membuka Settings > Apps. Kemudian, sentuh saja aplikasi yang ingin anda lihat permissions-nya. Gulir ke bawah untuk melihat permissions-nya.

Lalu, kenapa anda harus memperhatikan hal ini?

Di tahun ini privasi / kerahasiaan informasi pribadi, menjadi hal yang sangat penting. Seperti kasus serius yang dialami oleh Apple. FBI mendesak agar Apple membuat software khusus, agar iPhone dapat dibobol oleh FBI. Dan FBI dapat mengakses seluruh data pengguna iPhone kapan saja. Tentu saja hal tersebut ditolak oleh Apple.

Masalah privasi ini juga dapat menimpa anda jika anda tidak memperhatikan permissions setiap kali anda memasang aplikasi baru di Android. Yang perlu anda perhatikan adalah jenis permission apa yang dibutuhkan dan siapa pembuat aplikasi tersebut. Dapat dipercaya atau tidak ? Karena dapat disalahgunakan. Contohnya kasus aplikasi pinjaman online illegal dengan bunga tinggi dapat mengakses nomor kontak HP dan informasi lainnya, jika pembayaran cicilan bermasalah maka data pribadi peminjam dapat disebar, diancam, ditipu, bahkan difitnah.

Dirangkum dari beberapa sumber

0 komentar:

Posting Komentar