Memotivasi Diri


Dalam mengarungi kehidupan dunia, saat manusia menjumpai berbagai tantangan, kesukaran, dan kegagalan maka diperlukan motivasi sebagai penyemangat hidup untuk menghindari keputusasaan. Padahal hakikatnya setiap kesukaran yang yang temui oleh manusia tidak lain ujian keimanan dan untuk meningkatkan kualitas dirinya.

motivasi kuatMotivasi berarti rangsangan atau dorongan yang kuat agar manusia melakukan sesuatu. Motivasi bisa melalui tutur kata orang tua, teman, pengalaman hidup di masa lalu, namun yang paling kuat berasal dari dalam diri kita sendiri. Motivasi dalam Islam lebih mulia yakni berusaha agar setiap amalnya di dunia meraih Keridhoan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta, yang patut disembah dan meminta pertolongan. Melalui teladan Nabi Muhammad SAW kita juga dapat mempelajari bagaimana cara beliau dalam mengarungi kehidupan.

Beberapa Firman Allah SWT dalam Al Quran dapat dijadikan sebagai penyemangat dalam diri manusia agar sukses melewati cobaan, ujian bahkan fitnah di dunia:
  • Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya”. (QS. Ath-Thalaq: 2-3).
  • Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. (QS. Al-Insyirah: 5-6)
  • Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. (QS. Al-Baqarah: 286)
  • Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar, yaitu yang ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan : sungguh kita semua ini milik Allah dan sungguh kepada Nya lah kita kembali”.  (QS Al Baqarah : 155 – 156)

Beberapa pepatah dan petuah yang juga dapat menginspirasi dan memotivasi:

  • .. “Teruslah mencoba dengan senyuman ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti bernafas”.
  • “Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apapun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah Anda”
  •  “Sebuah permata tidak akan dapat dipoles tanpa gesekan, demikian juga seseorang tidak akan menjadi sukses tanpa tantangan”
  • “Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan”
  • “Pertama kita membentuk kebiasaan dan kebiasaan akan membentuk kita. Kalahkan kebiasaan buruk Anda, atau mereka akan mengalahkan Anda”

0 komentar:

Posting Komentar